Abstract
ABSTRAK
Deva, Refwan Ichsan. 2019. Strategi Guru dalam Mengelola Kelas yang
Kondusif di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd., (II)
Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.pd.
Kata Kunci : Strategi,
Guru, Pengelolaan Kelas
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Strategi Guru
dalam Mengelola Kelas yang Kondusif di Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Falah Jambi pada pertengahan
November 2018 hingga bulan Januari 2019. Data dari Penelitian ini
diperoleh melalui wawancara bersama Guru kelas yang hasilnya sebagai
data pendukung dari sumber utama, serta observasi mengenai pengelolaan
kelas. Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian dilakukan terhadap
instrumen tersebut secara kualitatif.
Hasil Penelitian ini menunjukkan tentang Strategi guru dalam mengelola
kelas yang kondusif di Sekolah Dasar bahwa wali kelas VI E dalam
pengelola kelas sudah kondusif hal ini dibuktikan dengan keadaan ruangan
kelas yang tertata dengan baik dan rapi. Dengan membuat kelas penuh
dengan karya siswa dan mengutamakan keaktifan siswa selama proses
belajar mengajar berlangsung, Menggunakan pendekatan keterampilan
dalam pembelajaran agar siswa bisa menguasai keterampilan dalam
mengelola kelas, melakukan rolling tempat duduk siswa, adapun media
pembelajaran ialah dari keterampilan siswa dengan arahan dari guru agar
siswa bisa menghargai hasil ketrampilan mereka dan ikut menjaga
keindahan kelas. Untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak mengganggu
saat proses pembelajaran jendala tetap dibuka dan fentilasi udara
selalu dibersihkan setiap hari, Hukuman yang diberikan kepada siswa
yaitu meminta siswa untuk menyalin Al-Qur’an di samping mereka hafal
Al-Qur’an juga melatih tulisan arab siswa, Jika terjadi kendala dalam
proses pembelajaran maka akan dilakukan evaluasi kembali dimana
pembelajaran yang kurang. Adapun faktor pendukung terhadap strategi guru
dalam mengelola kelas yang kondusif wali kelas VI E adalah lulusan
dari sarjana pertanian melalui Akta IV bisa mengajar di SD Islam
Al-Falah. Selain itu, wali kelas VI E bisa menata tanaman di luar kelas
dengan indah serta tumbuh dengan subur menerapkan ilmu yang di dapat
dari gelar sarjana pertanian.
Dari hasil penelitian ini, disarankan agar guru kelas lebih meningkatkan
kompetensi dan kemampuan didalam melaksanakan strategi mengelola kelas
yang kondusif serta mengetahui secara mendalam pelaksanaan strategi guru
dalam mengelola kelas yang kondusif agar siswa-siswa lebih optimal
didalam menerima materi pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar